Apa Itu TV Digital Indonesia



Apa itu TV Digital?

TV Digital Indonesia adalah program baru yang diselenggarakan pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (kemkominfo). Salah satu keunggulan TV Digital adalah kualitas gambar dan suara yang diterima pemirsa jauh lebih baik dibandingkan siaran analog, dimana tidak ada lagi gambar yang berbayang atau segala bentuk noise (bintik-bintik semut) pada monitor TV. Pada era penyiaran digital, penonton TV tidak hanya menonton program siaran tetapi juga bisa mendapat fasilitas tambahan seperti EPG (Electronic Program Guide) untuk mengetahui acara-acara yang telah dan akan ditayangkan kemudian. Dengan siaran digital, terdapat kemampuan penyediaan layanan interaktif dimana pemirsa dapat secara langsung memberikan rating terhadap suara program siaran. Bahkan BPPT juga telah menciptakan Fitur Peringatan Dini Bencana Alam / Early Warning System  (EWS) yang mampu menjadi solusi dalam menghindari dampak negatif dari terjadinya bencana alam.

Mulai awal tahun 2012, Indonesia melalui Peraturan Menteri Kominfo No. 05 tahun 2012, mengadopsi standar penyiaran televisi digital terestrial Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation (DVB-T2) yang merupakan pengembangan dari standar digital DVB-T yang sebelumnya ditetapkan pada tahun 2007. Dalam hal ini, pemerintah berusaha untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan menganggapnya sebagai suatu peluang bagi pengembangan industri penyiaran nasional ke depan.

Bukan hanya Indonesia, semua negara harus telah menetapkan tahun migrasi dari siaran analog ke digital. Negara-negara maju di Eropa dan Amerika Serikat bahkan telah mematikan siaran analog (analog switch-off) dan beralih ke siaran digital. Hal ini sesuai dengan anjuran International Communication Union (ITU) yang merupakan badan khusus PBB yang menaungi telekomunikasi.

Apa yang anda Butuhkan agar bisa menerima siaran TV Digital?

Anda cukup menambahkan sebuah alat bernama Set Top Box, alat ini berfungsi merubah sinyal digital yang diterima oleh antena menjadi sinyal analog yang membuat Tv anda dirumah bisa menerima siaran TV Digital. Semua pesawat televisi baik yang masih tabung, LCD, LED hingga plasma sekalipun bisa dipasangkan set top box TV digital ini.


PERBANDINGAN KUALITAS GAMBAR ANTARA TV ANALOG DAN DIGITAL


Channel TV Makin Beragam!